Cut-emision, Engine-off sampai Daur ulang demi berkurangnya polusi


Sampai hari ini polusi masih merupakan masalah yang belum sepenuhnya bisa teatasi. Baik polusi udara,polusi tanah, Polusi air dll?. Ada banyak hal yang mempengaruhi besarnya polusi itu sendiri? Katakanlah sebuah pabrik yang kelas menengah kebawah. Banyak limbah yang dihasilkan karena efek produksinya. Ada limbah cair, padat, ataupun gas?. 
Nah ketika limbah-limbah tersebut tidak ditangani dengan benar, maka dampak terburuknya akan menimbulkan polusi yang besar?. 
Memang ada banyak jalan yang bisa kita tempuh untuk mengurangi polusi. Mungkin beberapa alternatif inilh yang sering diajarkan di sekolah untuk mengurangi polusi.

Penghematan dalam penggunaan barang dan jasa.

Mungkin tidak itu terjadi ?.

Kita mungkin berfikir jika hal ini hanya akan membuang waktu dan tenaga kita karena banyak sekali orang yang menggunakan energi listrik serta bahan bakar minyak ( BBM ) atau barang dan jasa yang lainya. Namun jika kita perhatikan lagi, jika kita mampu berhemat dalam penggunaan barang dan jasa, maka secara perlahan hal ini akan dapat mengurangi volume produksi dari barang dan jasa tersebut. Nah jika volume dari barang-barang tersebut dapat dikurangi maka secara tidak langsung akan dapat mengurangi pemakaian energy yang ada.

Cut Emission dan Engine-off


Inilah beberapa upaya yang lazim diajarkan di lingkungan sekolah. Yang membedakan diantara keduanya sebenarnya hanya metode dan lingkup penerapanya saja?.
Cut-emision merupakan upaya pengurangan polusi yang ditimbulkan oleh limbah dari alat-alat elektronik yang sudah telah rusak?. 
Lhoch, kok bisa?.... gimana tuch?...
Metodenya adalah dengan melakukan penghematan dalam menggunakan alat-alat elektronik kita?.  Hmm dengan menggunakan barang elektronik secara seperlunya, secara tidak langsung kita itu juga akan menambah umur barang-barang elektronik anda. Nah jika hal ini bisa menjadi kebudayaan, maka akan berdampak juga pada penghematan energi listrik secara massal dan akan mengurangi volume sampah elektronik yang ada?.
Nice kan?..

         Daur ulang?..


Di sekitar kita sebenarnya banyak sekali sampah-sampah yang mungkin mash bisa di daur ulang atau bahkan mungkin masih bisa untuk digunakan kembali. Contoh kecil saja ?.  Kertas yang tak terpakai, jika dihiancurkan dann dibuat menjasi bubur kertas, akan dapat menghasilkan kkerajinan-kerajina yang mungkin tidak kita sangka?. Ada banyak home industri yang mengolah kertaas bekas menjadi bahan yang memiliki nilai ekonomis tinggi